Breaking

Senin, 15 Juni 2020

Harga Madu Murni Harus Sebanding dengan Kualitas

Madu sebagai salah satu makanan manis yang digemari oleh banyak orang, menjadi semakin tinggi permintaan setiap harinya. Banyaknya khasiat madu terutama untuk kesehatan membuat konsumen terkadang membeli tanpa memperhatikan kualitasnya.

Pada umumnya harga madu murni di pasaran lebih tinggi dibandingkan madu yang sudah dicampur dengan bahan lain. Namun ada juga madu yang dijual dengan harga tinggi tetapi kualitasnya rendah. Maka dari itu sebagai konsumen Anda harus mengetahui ciri-ciri madu murni.

Ciri-ciri Madu Murni
Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli madu supaya harga sebanding dengan kualitasnya. Berikut ini ciri-ciri madu murni dan cara mengenalinya:
1. Tidak Lengket
Jika Anda menggosokkan madu dengan dua jari, madu yang murni cenderung tidak lengket, berbeda dengan madu palsu karena mengandung pemanis dan bahan campuran lain. Selain itu setelah digosokkan madu murni dapat menyerap ke dalam kulit, jika terdapat butiran didalam madu jangan membelinya, terutama jika harga madu murni tersebut ditawarkan tinggi.

2. Sangat Kental
Madu murni memiliki tekstur sangat kental, sehingga apabila digoyangkan dalam sebuah botol, pergerakkannya sangat lambat. Apabila madu bisa bergerak dengan cepat, maka Anda haru mempertimbangan untuk membeli.

3. Tidak Mudah Larut dalam Air
Jika dicampurkan dengan segelas air, biasanya madu murni akan mengendap didasar gelas dan tidak mudah larut, sedangkan madu palsu mudah larut dalam air.

4. Madu Murni Mengalir Lancar
Jika Anda mencoba menuangkan madu ke permukaan datar dengan sendok, madu murni akan mengalir tanpa membentuk gumpalan meskipun teksturnya kental. Harga madu murni yang kurang berkualitas mengandung lebih dari 20% air. Hal itu menyebabkan madu mengalir terputus-putus.
Anda dapat membandingan kandungan air untuk membedakan madu murni dan madu palsu dengan cara membalikkan botolnya. Jika gelembung udara didalam madu naik dengan cepat, dapat disimpulkan bahwa kandungan air dalam madu tersebut lebih banyak.

5. Rasa dan Warna
Madu memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda tergantung nektar yang diambil dari bunga oleh lebah. Pada umumnya madu dengan warna terang memiliki rasa yang lebih ringan, sedangkan madu warna gelap memiliki rasa yang lebih pekat. Namun biasanya rasa madu murni tidak tertinggal dilidah setelah dikonsumsi.

6. Madu Murni Tidak Berbuih Jika Dipanaskan
Jika dipanaskan, madu murni tidak akan berbuih, berbeda dengan madu palsu akan muncul busa karena bertambahnya kelembapan, gula, dan air efek dari panas tersebut.

7. Kejernihan Madu
Madu murni tampak lebih keruh dibandingkan madu palsu, karena madu murni tidak dicampur dengan bahan apapun, sehingga terkadang masih terdapat bagian tubuh lebah yang menyebabkan keruh. Namun ada juga madu murni yang disaring berkali-kali supaya bersih dan lebih awat, sehingga menaik untuk dijual. Madu murni yang jernih akibat proses penyaringan secara terus-menerus akan mengurangi khasiat yang terdapat dalam madu itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli madu dengan warna yang masih keruh agar harga madu murni sesuai dengan kualitasnya.

8. Daya Serap Madu
Madu murni tidak akan terserap jika diteteskan pada kertas minyak dan saat dituangkan pada kain putih madu tidak meninggalkan noda, hal itu yang membedakan madu murni dengan madu palsu.

Takut Tertipu Saat Beli Madu Murni? Belanja di JD.ID Saja
Semakin tingginya minat konsumen terhadap perbelanjaan online membuat barang palsu pun mudah beredar. Salah satunya barang yang bisa dikonsumsi, yaitu madu yang sudah diketahui banyak sekali khasiatnya. Jika Anda termasuk orang yang senang berbelanja online, sebaiknya Anda berbelanja di JD.ID. Karena JD.ID menjual berbagai madu murni dengan keaslian barang hingga 100% dan harga madu murni yang terjangkau, serta terdapat banyak promo menarik.